Friday 18 September 2015

Berburu Kurma di Ampel Surabaya





Belanja Kurma di Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya


  

Kawasan kampung Ampel Surabaya bukan hanya menjadi jejak sang wali dalam menyebarkan agama Islam, tetapi sekarang ini sudah menjadi tempat bisnis dan perdagangan. Apalagi jika musim haji tiba, permintaan oleh-oleh dan sofenir khas timur tengah terus meningkat. banyak pengunjung yang berburu oleh-oleh dan sofenir untuk saudara mereka yang sedang menunaikan ibadah haji.

Salah satu buruan yang banyak dicari adalah kurma ajwa. Selain karena harganya murah, kurma kesukaan Nabi Muhammad ini juga dipercaya mengandung manfaat untuk kesehatan. Citarasanya yang unik dan tidak terlalu manis membuat kurma jenis ini banyak digemari.

Tidak mengehrankan jika harga kurma Ajwa pada musim haji akan meningkat menjadi Rp. 700.000 hingga Rp. 800.000 per kilogram. Kurma Ajwa ini jadi istimewa karena hanya bisa tumbuh subur di Madinah, Arab Saudi dan pada saat musim haji saat ini kurma nabipun jadi buruan yang utama.

Para keluarga jamaah haji lebih memilih membeli oleh-oleh souvenir haji di pasar Ampel Surabaya, selain harganya lebih murah juga dapat mengurangi beban bawaan jamaah haji. Dan nantinya oleh-oleh & sofenir ini akan dibagikan kepada keluarga dan tetangga yang bersilaturahim. 


Berbagai jenis kurma yang dijual dengan harga murah misalnya kurma mesir dan kurma cina yang harganya Rp. 30.000 / Kg  dan tidak heran selama musim haji omzet pedagang kurma meningkat drastis dan laris manis semanis rasa kurma.


Selain kurma para pengunjung juga bisa berburu sofenir dan pernak pernik haji seperti tasbih dan busana muslim. Untuk busana muslim seperti jilbab, sarung dan juga baju koko masih meningkat dan peningkatannya bisa mencapai  25% - 100%.



=====================================================================