Sunday 26 April 2015

Kebun Bibit Wonorejo

Wisata Alam - Kebun Bibit Wonorejo


      Jika bicara tentang kebun bibit, mungkin yang sering terlintas di kepala kita adalah kebun bibit Bratang.Ya....kebun bibit bratang memang sudah melegenda, bukan saja dari namanya tetapi juga dari sejarahnya. Namun dari  kebun bibit yang ada di surabaya, tahukah anda bahwa di wonorejo juga ada kebun bibit , tepatnya di Jl. Kendal Sari  Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur.



Banyak orang mengira bahwa kebun bibit Wonorejo adalah ekowisata mangrove Wonorejo. Meskipun letak antara kebun bibit dan ekowisata mangrove berdekatan, namun kedua tempat ini memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Salah satunya adalah adanya danau buatan yang berada di tengah-tengah kebun bibit. Danau ini cukup sejuk sebagai tempat rekreasi keluarga.Selain itu, bagi keluarga yang membawa anak, di sini juga tersedia area bermain (playground) dan juga area outbound bahkan ada flying fox yang melintasi danau buatan.  Cukup mengasyikkan sebagai tempat wisata murah bagi masyarakat surabaya.

Karena sebagai kebun bibit, maka disini juga banyak bibit-bibit pohon yang akan didistribusikan ke seluruh taman-taman di Surabaya. Sebagai wisata juga sebagai tempat pembibitan pohon. Dan jangan lupa, bahwa masuk ke kebun bibit ini GRATIS......

Kebun bibit Wonorejo ini terus berbenah diri, beberapa fasilitas terus ditambah dan diperbaiki untuk kenyamanan pengunjung. Diharapkan luas kebun bibit ini semakin bertambah, dan peran serta pemerintah daerah sangat diharapkan agar kebun bibit ini tidak beralih fungsi, seperti yang terjadi pada kebun bibit bratang yang sebagaian lahannya berubah menjadi ruko-ruko. 

Dan yang tak kalah pentingnya adalah keikutsertaan dan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan kebun bibit ini untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena dibeberapa tempat masih saja ada sampah yang berceceran meski sudah disediakan tempat sampah. Nah ini adalah PR kita semua.

Oke bro.....jika masih penasaran dengan kebun bibit ini, silakan dilihat penampakan dibawah ini....



























 











 


 










Dan jika ada lokasi wisata. tentunya harus ada....Sentra Kuliner ! .
Sentra kuliner ini terletak tepat disebelah kebun bibit wonorejo. Soal harga, jangan khawatir karena harga yang ditawarkan adalah harga standar untuk tiap-tiap makanan yang anda pesan, bahkan jika boleh dibandingkan dengan tempat lain, harganya lebih murah.








=====================================================================
 Wassalam.....
Iwan Priyadi
ITS - Surabaya
April 2015
=====================================================================