Friday 1 May 2015

Hutan Bambu & Taman Harmoni

HUTAN BAMBU & TAMAN HARMONI

Di Keputih Surabaya



Lihat videonya di :  https://youtu.be/5PkDxmbVBj8

Hutan Bambu di Surabaya ?  Anda pernah dengar ?. Hutan bambu memang ada di Surabaya. Meskipun tidaklah seperti hutan sesungguhnya (karena tidak terlalu luas), tapi karena kerimbunan pohon-pohon bambunya maka daerah ini disebut hutan bambu. Tepatnya di jalan Keputih Tegal - Sukolilo Surabaya (tepat di samping terminal keputih).

Saat saya mengunjungi hutan bambu ini (habis hujan), saat melintasi daerah ini tercium wangi bambu yang membuat saya merasa berada di suatu tempat berbeda. Serasa bukan berada di Surabaya. Ya.....suasana beda ini terasa sekali, seandainya tidak ada kendaraan yang lewat, mungkin kita akan lupa kalau ini ada di Surabaya.

Lebih jauh ke dalam, hutan bambu ini makin menantang penasaran saya. Tentu saja masih perlu penataan yang lebih profesional agar tempat ini bisa menjadi pilihan obyek wisata alternatif di Surabaya. Tepat di ujung jalan keputih tegal ada parkir motor yang juga "ala kadarnya" dengan tarif Rp.2000. Toilet dan tempat ibadah juga belum ada. Yah... tempat ini memang masih perlu banyak penataan. Tapi sejauh yang saya lihat, lokasi ini sering juga dikunjungi masyarakat yang ingin berselfie ria atau tempat pemotretan pre wedding.

Kira - kira 200 meter kemudian ada sebuah taman yang sedang dibangun, namanya Taman Harmoni / Taman Sakura. Jalannya agak menanjak. Taman ini cukup luas, bahkan lebih luas dari kebun bibit Bratang. Di beberapa tempat terlihat beberapa orang yang sedang merawat taman. Taman ini memang sedang dibangun untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Jika dilihat dari sejarahnya, lokasi taman ini adalah ex-TPA keputih yang diubah menjadi daerah konservasi hijau khususnya tanaman bambu. Jadi cukup beralasan jika tanaman di daerah ini tumbuh cukup subur karena asupan "kompos" yang melimpah. 

Oke bro...jika ingin suasana beda, tempat ini bisa anda kunjungi. Penasaran ? Boleh lihat foto-foto berikut ini : 

 


















Taman Sakura : 


























Nah bro ...asik khan.
Silakan datang ke Hutan Bambu Keputih - Sukolilo Surabaya

Semoga bermanfaat...

Iwan Priyadi Muhammad Fadli
ITS - Surabaya
May 2015



========================================================================